Minggu, 14 Maret 2010

Analisis SWOT PT Mustika Ratu

PT Mustika Ratu,tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan yaitu produk kosmetik, perawatan tubuh dan jamu. sejak tahun 1975 dan merupakan produk warisan leluhur, karena menggunakan bahan-bahan alami dari alam indonesia. seiring berkembangnya zaman, makin banyak produk-produk pesaing baik produk dari perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Perusahaan pesaing dengan produk serupa diantaranya
  1. PT Mandom Indonesia Tbk (Pixy Lady’s Cosmetics)
  2. Maybelline New York, Analisa SWOT
  3. PT Martha tilaar
  4. PT Sari Ayu Martha tilaar
Untuk menganalisis kondisi atau keadaan manajemen PT Mustika Ratu,tbk sekarang ini maka digunakan analisis SWOT. Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis situasi dengan mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis terhadap kekuatan-kekuatan (Strengths) dan kelemahan-kelemahan (Weaknesses) suatu organisasi dan kesempatan-kesempatan (Opportunities) serta ancaman-ancaman (Threats) dari lingkungan untuk merumuskan strategi organisasi.

Berikut ini adalah penjabaran Analisis SWOT PT Mustika Ratu,tbk
  1. Strengths (S), yang menjadi kekuatan dari produk PT Mustika Ratu adalah tetap mempertahankan keaslian bahan baku yaitu menggunakan bahan alami Indonesia.
  2. Weaknesses (W), kelemahanan dari PT Mustika Ratu, kompetisi pasar yang ramai membuat perusahaan tersebut harus jeli melihat produk unggulan dari 565 produk yang dimiliki.
  3. Opportunities (O), banyak sekali konsumen yang mencari produk jamu dari PT Mustika Ratu seperti Slimming Tea di gerai kesehatan sedangkan produk ini banyak tersedia digerai kecantikan. halono memberikan peluang pada PT Mustika Ratu untuk memperluas pasarnya.
  4. Threat (T), ancaman yang datang dari luar perusahaan biasanya adalah pesaing, PT Mustika Ratu tidak bersaing dengan yang selevel. PT mustika ratu ingin menjadi perusahaan besar maka PT mustika ratu hanya melihat pada apa yang dilakukan dan tidak dilakukan oleh yang besar untuk mengisi pasar. manajemen PT Mustika Ratu menetapkan strategi untuk bermain di luar pasar pesaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar